Selasa, 10 Oktober 2017

Cara Memilih Dress Batik Paling Tepat

Kain batik saat ini tidak hanya dikenal dengan jarik atau beskap yang digunakan oleh orang tua saja, akan tetapi sudah dimodifikasi dan dibuat dengan perubahan agar lebih menarik anak muda untuk memakai dan turut melestarikan kain khas dari Jawa tersebut. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membuat beragam model pakaian dan aksesoris yang mempunyai unsur batik seperti topi, jaket, seragam sekolah, tas, bahkan dress batik.

Ada beragam cara pembuatan batik yang telah kita kenal selama ini yaitu batik tulis, batik cap, dan batik printing. Batik tulis merupakan pengerjaan kain batik secara manual dengan menggambar batik pada pola yang telah dibuat sebelumnya dan diwarnai dengan hati-hati. Karena mengerjakannya butuh proses dan ketekunan tidak heran harga batik tulis tergolong mahal dibanding jenis kain batik lainnya. Batik cap motif batiknya tidak digambar dengan tangan akan tetapi menggunakan cap yang telah berpola motif batik sehingga pengerjaannya tidak terlalu rumit. Dan yang paling umum ditemui adalah batik print yang tidak memerlukan proses rumit karena motifnya di print dengan alat sablon sehingga membutuhkan waktu yang cepat.
Cara Memilih Dress Batik Paling Tepat
Dress Batik. (foto: bukalapak.com)
Jenis batik tersebut akan menentukan harga yang harus dikeluarkan untuk membeli dress batik. Untuk menghargai pembuat tradisional dan mendapatkan mutu yang bagus akan lebih baik untuk membeli batik tulis. Batik jenis ini kualitasnya sangat baik dan tidak mudah luntur ketika dicuci dan disetrika. Sedangkan bagi yang mempunyai budget terbatas bisa memilih batik cap atau batik printing. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa jenis batik tersebut sangat mudah luntur ketika dicuci sehingga pola dan warna batiknya tidak dapat bertahan lama.

Langkah kedua adalah dengan memperhatikan dress tersebut. Untuk kain batik tulis tidak bisa menggunakan sembarang bahan karena akan berpengaruh pada proses pengerjaan batik tulis tersebut. Kain yang cocok untuk digunakan adalah:
  • Kain mori yang merupakan kain polos berwarna putih dari kapas. Kain mori sendiri memiliki beberapa jenis yaitu mori prismissima, mori prima, dan mori biru yang dibedakan menurut tingkat kehalusannya.
  • Kain katun merupakan kain yang digunakan untuk membuat batik tulis pada umumnya. Sama halnya seperti bahan katun yang lain bahan ini akan mudah untuk menyerap keringat sehingga sangat bagus nyaman ketika menggunakannya.
  • Kain Paris merupakan kain yang bertekstur lembut dan jatuh.
  • Kain serat nanas adalah kain yang biasanya bersulur-sulur dan mengkilat.
  • Kain sutera merupakan kain dengan kualitas paling bagus karena sangat memiliki tekstur kain yang lembut dan sangat ringan.
Hal ketiga adalah bijak ketika memilih motif batik pada dress yang akan digunakan. Motif batik biasanya mengandung arti sendiri untuk setiap motifnya sehingga pastikan memilih motif yang pas untuk memakai sebuah dress dengan motif batik. Selain itu akan lebih baik untuk memakai motif yang dapat mempresentasikan suatu daerah asal. Motif batik yang ada di Indonesia tidak hanya berasal dari satu daerah tetapi hampir setiap daerah mempunyai motif batik atau songket sendiri.

Dan yang terakhir untuk memilih model dress yang pas dengan acara yang akan dihadiri. Sekarang ini ada beberapa model dress batik yang tidak kalah dengan model dress modern. Sebaiknya pilih model yang terlihat anak muda agar kesan batik yang identik dengan kain orang tua bisa disamarkan. Salah satu hal yang paling penting ketika memilih model dressnya adalah dengan menyesuaikan bentuk badan masing-masing.


EmoticonEmoticon