Jumat, 24 November 2017

7 Tips Dalam Menyewa Jasa Renovasi Rumah

Anda berencana ingin mengerjakan proyek renovasi rumah? 
Tentu Anda membutuhkan beberapa perencanaan yang matang. Salah satunya Anda membutuhkan jasa renovasi rumah yang profesional. Dalam hal ini, Anda harus memilih jasa renovasi rumah yang terpercaya dan terbaik. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengalami penipuan dan sebagainya. Dalam menyewa jasa renovasi rumah juga tidak bisa sembarangan. Berikut 10 tips dalam menyewa jasa renovasi rumah yang profesional dan terpercaya. 

1. Mempersiapkan desain serinci mungkin 
Sebelum Anda melakukan renovasi rumah, pastikan bahwa Anda memiliki urutan perencanaan. Dalam hal ini, Anda perlu memiliki rincian rencana denah (floor plan) lengkap dengan pengukuran yang tepat. Hal ini akan memudahkan kontraktor untuk membongkar atau membangun rumah Anda. Tambahkan juga daftar bahan material yang Anda butuhkan dan perencaan waktu kerja yang menunjukkan perkiraan penyelesaian proyek renovasi tersebut. 

2. Gunakan platform penyedia jasa 
Memilih jasa renovasi yang terbaik, bisa dibilang susah susah gampang. Anda bisa menggunakan platform seperti Sejasa.com untuk melihat situs-situs dari berbagai jasa renovasi untuk mendapatkan harga penawaran. Dengan urutan perencanaan serinci mungkin, hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan penawaran yang terbaik sesuai dengan budget Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan estimasi biaya pengeluaran berdasarkan penawaran yang Anda terima. 

3. Lakukan pemeriksaan latar belakang dan portofolio 
Jangan lupa untuk memeriksa latar belakang dari jasa renovasi tersebut. Jika mereka memiliki website, akan mempermudah Anda untuk melihat portofolio hasil proyek mereka sebelumnya. Selain itu Anda juga bisa melihat review atau komentar baik positif maupun negatif dari pelanggan sebelumnya. Ada baiknya jangan terlalu buru-buru dalam memilih jasa kontraktor. Lakukan pemeriksaan berulang-ulang dan bandingan kontraktor satu dengan lainnya. Jika Anda merasa tidak yakin dengan hasil portofolio yang mereka pajang di website. Anda bisa mendatangi langsung hasil pengerjaan proyek mereka. Dengan begitu Anda bisa memeriksa kualitas para pekerja. 

4. Jangan memilih jasa dengan informasi samar dan ketidakjelasan 
Kontraktor yang tidak jujur mempunyai banyak cara untuk membuat Anda membayar lebih atau membayar sebelum waktu kesepakatan. Oleh karena itu, proyek yang Anda kerjakan harus mencakup target atau penyelesaian dan berapa banyak pembayaran yang harus dibayar.  Hal itu harus tercantum dalam kontrak kerja yang harus dibuat sebelum proyek pengerjaan. 

Kontrak harus mencantumkan daftar barang-barang seperti pekerjaan apa yang akan dilakukan, jadwal pembayaran, aplikasi izin dan asuransi, spesifikasi material, tanggal penyelesaian, masa tenggang dan masih banyak lagi. Mintalah kontrak direvisi sampai Anda puas dengan semua persyaratan dan rincian yang tercantum di dalamnya. 

5. Lakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan ketentuan pembayaran 
Pada umumnya jumlah deposit yang disarankan adalah 25% dari proyek. Membayar lebih dari itu, terutama untuk renovasi besar, merupakan tanda peringatan. Bisa jadi kontraktor tersebut penipu atau tidak jujur. Jika kontraktor berkeras pada persyaratan tersebut, Anda berhak untuk mundur. Jadwal pembayaran hanya mengharuskan pemilik rumah membayar karena kemajuan pekerjaan dengan 5% terakhir terus sampai pemilik rumah puas setelah pemeriksaan akhir. Namun, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan layanan escrow yang akan menahan pembayaran proyek Anda, dan hanya mencairkannya saat tonggak proyek terpenuhi. 

6. Fleksibel dengan budget  
Dalam proyek mengerjakan renovasi rumah, Anda bisa menyediakan pengeluaran lebih. Sebaiknya gunakan 10% dari total estimasi biaya untuk menutup kemungkinan adanya kesalahan selama proses pengerjaan. Hal-hal tidak terduga dapat terjadi seperti pipa yang sudah dibeli tidak sama dalam skema pengembang asli, kekurangan material atau permintaan tambahan dari Anda. 

7. Pastikan memiliki Izin dari Ketua RT/RW 
Jika proyek renovasi rumah Anda memerlukan perombakan atau perpanjangan, seperti perpanjang dapur atau menambah luas rumah Anda. Anda harus memiliki izin dari ketua RT/RW. Hal ini bertujuan agar proses pengerjaan proyek renovasi rumah Anda berjalan dengan lancar. Selain itu untuk proyek renovasi dalam skala besar, Anda harus mengurus IMB pada pemerintah setempat. Hal ini bertujuan agar rumah Anda aman dari legalitas rumah. 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menyewa jasa renovasi rumah atau kontraktor yang terpercaya dan profesional. Semoga informasi di atas bermanfaat! 


EmoticonEmoticon