Jumat, 03 Agustus 2018

Benarkah Susu Kental Manis Bukan Susu? Inilah Kandungannya!


Baru-baru ini sudah tersebar berita bahwa susu kental manis (SKM) bukan merupakan produk susu. Padahal selama ini, kita sering meminumnya untuk memenuhi kebutuhan gizi yang terdapat dalam susu. Karena harganya yang murah, rasa manisnya pun disukai semua kalangan. Dengan adanya pemberitaan begitu, tentu membuat kita kaget dan khawatir.

Mengenai hal ini, BPOM sebenarnya sudah mengatur tentang produk dan kandungan gizi susu kental manis dalam Peraturan Kepala BPOM no. 21 TahuAdd captionn 2016 tentang Pangan. Pada peraturan tersebut tertera bahwa SKM yaitu suatu produk susu yang diproduksi dengan menghilangkan sebagian airnya, sehingga membentuk cairan kental. Berikut ini kandungan gizinya!

Kandungan Gizi Susu Kental Manis
Dikatakan bukan sebagai produk susu adalah karena SKM mengandung lemak dan gula yang tinggi. Sedangkan susu mamalia sebaliknya mengandung kalsium dan protein yang tinggi, dimana sangat baik bagi kesehatan tubuh. Susu kental manis sendiri, hanya mengandung sedikit protein dan kalsium. Karena itulah SKM hanya dianggap para ahli sebagai penggemuk badan karena kaya akan lema dan gula.

Itulah mitos yang beredar di kalangan masyarakat, kalau SKM yang biasa kita konsumsi sebagai produk penggemuk badan. Bagi kamu penggemar SKM dan setiap hari meminumnya, pastilah penasarang dengan kandungan gizi susu kental manis tersebut. Apalagi beberapa pemveritaan menyebutkan kalau kandungan lemak dan gulanya sampai 70%. Sebetulnya, kandungan lemak dan gulanya tidaklah sebegitu besarnya.

Bahkan sebelum dikeluarkan dan diizinkan beredar, sudah diatur dalam SNI no. 2971 tahun 2011. Dalam peraturan tersebut dijelaskan kalau kandungannya :
·         Gula sebesar 51% - 56%
·         Lemak sebesar 43% - 48%

Jika diperhatikan dari karakteristik kandungan gizi susu kental manis dan aturan yang ada, sudah jelas bahwa susu kental manis merupakan produk susu. Sedangkan cara mengkonsumsinya, dianjurkan untuk mencampurnya dengan air. Sehingga, kandungan gizi yang didapatkan bisa sama dengan produk susu lainnya.

Sekarang, kamu sudah tidak bingung lagi kala minum susu kental manis. Berdasarkan penjelasan tersebut, kamu boleh minum SKM asalkan dengan campuran air.


EmoticonEmoticon